Tutorial Cool edit


Mungkin dah umum Software ini banyak di gunakan orang, baik dari hanya sekedar iseng maupun tuk buat lagu…
disini saya mencoba menjelaskan apa dan kegunaan software tersebut.
Software keluaran Syntrilium Co ini memilki single track dan multi track seperti gambar berikut. Dari gambar ini dapat kita lihat bahwa ini merupakan single Track dimana fungsinya kita dapat melakukan pemotongan wave dengan cara memblock samapai mana yg mau kita delete, trus tekan delete. saya akan memberitahukan apa aja yg ada didalam menu2 cool edit ini.

1. file : kita bisa membuat project baru ( new session ), atau membuka file kerja (open session ), serta menyimpan dengan format yg kita inginkan

2. edit : kegunaannya tuk mengedit file dengan cara menekan edit dan memilih, apa yg kita mau, seperti punch,  group block, mix down file, remove block snapping dan lain2.

3. di menu view, untuk membuka dan menutup taskbar yg kita inginkan….

4. effect : effect ini berfungsi sangat penting dalam mengedit file yg akan menjadi akhir kerja kita, dalam artian penyempurnaan hasil kerja kita.. ada plugin volume, equalizer, normalize dan lain2….

Sedangkan dalam MULTI TRACK, cara kerjanya cukup mengimport file2 yg sudah kita buka ke dalam file Track yg di sediakan, seperti gambar berikut :

dari gambar tersebut, kita bisa melihat menu Panning, Volume, mute, fx, out, record yang berguna dan berpengaruh terhadap file yg kita import…. biasanya fungsi MULTI TRACK ini digunakan untuk keperluan Recording, dimana fungsi seperti fx, kita dapat menginsert fx tersebut, guna penyempurnaan file

record, guna merecord file yg akan insert sendirinya… mungkin ini saja garis besar mengenai Cool Edit ini, selanjutnya saya akan menuliskan Tutorial Software lain.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda.

13 thoughts on “Tutorial Cool edit

  1. Mas ferry mau nnya lgi…sy sdh rekaman dgn cool edit pro tp noise nya kok berisik bgt yah??knp bs bgitu?lalu ngilanginnya gmn?lbh bagus mana hasil rekaman bila dgn FL 9 ? Sºя̲̅я̲̅ÿ sy awam neh…thankx

    • coba cek media inputnya seperti instrument guitarnya, kabel, sumber listrik… kalau mau menghilangkan noise dengan software, wah itu susah,, tp paling tidak bisa di kurangin sedikit dengan noise removal..
      Selamat mencoba bang🙂

  2. bro kalo cara ngemixnya gimna ? misalnya kita coba akustikan dirumah terus ada suara lain dari gitar itu kita ilangin bisa apah ngak? tau bisa kasih tau tutorialnya?
    thq

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s