BELAJAR (Tutorial) REAPER COCKOS


Sebelumnya saya akan menjelaskan apa itu Reaper dan kegunaannya…..

Reaper merupakan media atau software yang berbasis pada DAW atau Digital Audio Workstation. Software keluaran cockos ini dapat memenuhi kebutuhan bro, sister dalam menyelesaikan tugas atau pembuatan suatu project lagu…

Sedangkan Penggunaannya sendiri Reaper dapat katakan baik untuk menghandle atau menangani MUSIC PROCUCTION atau Memproduksi suatu musik yang berformat WAVE, MP3, AIFF, Midi dan lainnya, dan juga mampu bekerja sebagai host atau patchby untuk sebuah VSTI atau VIRTUAL INSTRUMENT…  Mungkin disini kamu sudah jelas kan apa itu REAPER dan fungsinya ???… Kalau belum jelas baca dari atas lagi bro… ok…. wakakkakakakak

Langsung aja kita BELAJAR (TUTORIAL) REAPER COCKOS ini… Untuk memulainya.. ada beberapa syarat yang harus kamu sediakan untuk membuat suatu MUSIC PROCUCTION atau Memproduksi suatu musik yang berformat WAVE, MP3, AIFF, Midi dan lainnya

Syaratnya :

1. PC (Personal Computer) atau Laptop + OS (Operating System) – WAJIB

2. Software REAPER COCKOS … (kalau bisa beli yang Original ya)… – WAJIB

3. Soundcard + Driver Berfungsi untuk out audio yang akan keluar nantinya (OPTIONAL)

4. Keyboard Controller yang akan berfungsi menjadi Controller  – ( OPTIONAL)

5. Midi Cable atau Kabel midi berfungsi untuk menghubungkan alat music digital dengan Software yang berbasis DAW

6. Driver Asio berfungsi untuk mengatasi Latency pada Soundcard onboard – WAJIB

Gimana dah dah ada belum SYARAT nya.. kalau belum ada Persiapkan dulu ya bro :).. hihihihihihi . Ok kita mulai dari loe bro, sister yang dah punya atau memenuhi syarat2nya….

Langkah 1. yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi dengan anggapan saya kamu sudah menginstal apa yg saya utarakan diatas… Selanjutnya kamu bisa menentukan dimana Project kamu akan kamu simpan melalui menu Option…

Langkah kedua Insert File Project yang akan kamu jadikan contohnya ( Option Untuk RECORD AUDIO maupun MIDI ). data ini biasanya berformat WAVE atau MP3… ini gambar track kosong untuk kamu bisa memasukkan datanya atau sample/contoh. kalau kamu sudah liat berarti untuk saat ini saya anggap kamu udah faham.. cara insert filenya melalui insert MEDIA dari menu taskbar….

Langkah ke2 yang harus kamu lakukan adalah membuat track baru untuk bisa dimasukkannya VSTi (Virtual Instrument) dengan cara klik kanan pada mouse dan insert NEW INSTRUMENT… setelah kebuka aplikasinya..  pilih iVSTI yang kamu mau gunakan dan jangan lupa kamu mengatur di kolom Track nya untuk pengaturan keyboard controller… biar enak belajarnya nih aku kasih gambarlah.. ( enakkan BELAJAR MUSIK DAN AUDIO DIGITAL disini)    

nah dari gambar yang disamping pada tulisan ALL MIDI CHANELL loe ganti aja dengan midi Inputnya ke Keyboard Controller loe sesuai dengan chanell yg diinginkan… mungkin karena baru 1 track buat aja di chanell 1…. nah saatnya kamu record dengan menekan tombol merah pada menu panel  ( lagi-lagi aku kasih gambar) .. itulah enaknya BELAJAR MUSIK DAN AUDIO DIGITAL disini semuanya mudah di mengerti….  setelah kamu record pasti kamu bertanya kok gak ada ya mas suara metronomenya ????. wakakkakakakaka…. gampang bro tinggal loe klik aja panel menu lambang metronome,, kurang jelas ???,, nih dah ku kasih gambarnya biar gampang.

Tuh kelihatan kan gambarnya yang di samping kanan atas.. klik aja itu,, pasti berbunyi dan kalau suaranya kurang kenceng loe klik kanan di mouse, besarin deh volumenya…..

Langkah ke3 yang harus kamu lakukan adalah editing file midi yang kamu buat tadi.. karena hasilnya pasti ada yang tidak pas… caranya dengan PIANO ROLL.. untuk membukanya loe bisa double klik di tracknya maka kebukalah PIANO ROLL yang kamu inginkan seperti ini.

Disitulah nantinya kamu mengeditnya…. setelah selesai mengeditnya.. saya anggap kamu dah menyelesaikan Project dengan banyak track dan sound..

Langkah ke4 yang harus kamu lakukan adalah merender atau membuat suatu format AUDIO yang kamu inginkan dengan cara mengklik file pilig EXPORT dan nantinya akan kebuka aplikasi seperti ini, mudah bukan ??

Begitulah cara kerjanya semoga bisa membantu….
Dan akhirnya kamu ada pertanyaan gimana mas setting agar Soundcard terdeteki dan Keyboard Controller juga ???… wakakakakakakkakakakak..

Sengaja gak saya Buat Pertama kali biar agak susah sedikit bro… ( Becanda ) caranya tinggal loe klik preference dan pilih sound out yg loe inginkan tapi jangan lupa kalau loe dah instal ASIO biar gak ada Latency.. Dan untuk Keyboard Controller juga ada di menu preference seperti ini

Mudahkan ???.. lagi-lagi loe akan mengatakan enak juga BELAJAR MUSIK DAN AUDIO DIGITAL..

SELAMAT ANDA SUSAH MENJADI REAPER COCKOS SEJATI…………… :)

Hormat Saya

Ferry Siregar :)

Komentar
  1. Antoni Pasaribu mengatakan:

    nice, u got the points ;-)

    • ferrysiregar mengatakan:

      Terima kasih bang… atas Pujiannya, saya masih belajar kok… gimana atikelnya mudah di mengertikan ???.. inilah enaknya BELAJAR MUSIK DAN AUDIO DIGITAL di blog ini.,, semua di berikan kemudahan… :)

  2. Albert_Siregar mengatakan:

    Wah… hebat.. ada saudaraku marga siregar yg bisa membagi ilmu misic, trimakasih

  3. ferdymanid mengatakan:

    say cb donlor reaper dlu ya bg…klo pake s/w battery 3 support ga bg..

  4. heru pacitan mengatakan:

    wah terimakasih sharingnya bang…
    saya dengar reaper ini jg bisa di gunakan sebagai media soun modul..
    ulas dong bang gmn caranya…

  5. ferrysiregar mengatakan:

    sebenarnya banyak orang yang mengatakan reaper bisa di jadikan sound module,, tp sebenarnya setiap untuk DAW yang memilki fasilitas audio midi maker dan mensupport vsti ( virtual isntrument bisa di jadikan sound module) seperti nuendo, sonar, dan lain

    nah sound module itu dapat di peroleh oleh vsti bukan oleh software reaper, karena menurut saya dia hanya sebagai host control untuk VSTi, jika di jadikan sound module

    sebagai contoh : ( sesuai yg anda tanyakan module dengan reaper), saya akan mencoba menjawab untuk reaper di jadikan module…

    buka aplikasi Reaper pilih new midi track. pada outnya masukkan vsti yang akan di inginkan contoh : hypersonic, legacy, fm 8. reason , dll

    pastikan channel nya sesuai dengan chanell instrument pada keyboard anda… untuk cara mengkonekkannya bisa di lihat halaman tutorial..

    jika belum faham, abang bisa tanyakan lagi,,,

    salam :)
    ferry siregar

  6. Siswo mengatakan:

    Artikelnya bagus banget mas, mksih. . . .T0p abiez. Jd reaper bs untuk modul toh. . . .

  7. ardy mengatakan:

    wah jadi pengen pake sampling :-)

  8. ardy mengatakan:

    mas heru pacitan nopo rencange mas heri baturetno :-)

  9. adven mengatakan:

    btw dimana kita bisa dapetin batery3 nya bang?

  10. Siswo mengatakan:

    Kalau pakai kabel printer bisa gk mas ? Kontrolernya roland E 50. Atau memang harus kabel midi to usb ?

  11. Siswo mengatakan:

    Iya mas sudah tak coba dan berhasil. Saat ini Reapernya tak jadikan host untuk battery 3, waah alangkah senangnya bisa membuat modul pc sendiri, trimakasih mas atas ilmu2nya selama ini. Kalau ada kesulitan boleh kan saya nanya2 lg. Hehehe. . . .

  12. Siswo mengatakan:

    Trimakasih mas

  13. andreas mengatakan:

    Melihat mas siswo berhasil membuat sound modul dg PC, berkat ilmu dari mas Ferry, saya jadi pengin banget bisa buat juga. Sayangnya saya nggak pinter masalah komputer, jadi ilmu yg saya serap cuma sebagian kecill saja. Saya pakai sound modu rakitan (beli), jadi jika ingin mengisi atau merubah suara gendangnya nggak bisa. Andai saja saya bisa seperti mas siswo,…. ( kalau seperti mas ferry terlalu tinggi sih ilmunya ) he he he.

  14. andreas mengatakan:

    Trima kasih mas ferry atas suportnya.
    mas nanya nih:
    1. cakewalk apa bisa dibuat untuk sound Modul ?
    2. Jika sound modul beli (tanpa mouse, tanpa monitor). Jadi saat dinyalakan langsung bisa konek dg Keyboard. Bagaimana cara merubah/menambah gendangnya. Pernah saya buka di monitor, softwarenya pakai midi ox, tapi crusor mousenya nggak bisa jalan walau sdh saya pasangi mouse atau saja jalankan dengan tanda panah di keyboard komp.

    Trima kasih sebelumnya

    • ferrysiregar mengatakan:

      1. cakewalk bisa di gunakan sebagai module, tp hasilnya gak maksimal, karena gak bisa memanggil vsti… karena data vstinya berupa patch midi sound program..

      2. sebenarnya, midi yoke atau midiox itu fungsinya sebagai driver pengganti keyboard controller..
      untuk menambah sound seperti gendang, saya mau tanya dulu software apa yg di gunakan sebagai vstinya, kalau pakai battery tinggal replace aja di kolom yang ingin di masukkan sound gendang

  15. andreas mengatakan:

    1. Trima kasih mas, soalnya kalau cakewalk, saya tahu walau sedikit. Namun menurut mas Ferry nggak bisa maksimal.

    2. Yang kelihatan di monitor hanya midi ox. Tapi menurut teman, software lainnya adalah sound blaster, sedangkan pointer/panah nggak bisa digerakkan jadi ya nggak bisa berbuat banyak.

  16. Hery mengatakan:

    kalau boleh tau mas andreas beli modul dari daerah mana ?

  17. andreas mengatakan:

    Beli sound modulnya di Batang Jawa tengah.
    – Waktu CPU di On kan, secara otomatis tampilannya MIDI OX dan pointer nggak bisa digerakkan, mungkin dikunci oleh pembuatnya agar nggak dikutak-kutik sama si pembeli.
    -Dg ilmu dari mas ferry sebaiknya ku coba di Komputer sendiri aja ah (bukan sound Module yg sdh jadI) takut error. Sementara tak nyari software/ buku manualnya dulu.
    Trima kasih mas Ferry.

  18. Hery mengatakan:

    Oh. . Mas andreas orang Batang toh ! Saya ikut nyimak aja, saya tunggu juga jawaban2 dari mas Ferry

  19. andreas mengatakan:

    Saya orang Demak, beli modulnya di Batang. Kalau modulnya error harus dibawa ke Batang yg jaraknya cukup jauh. Kalau bisa dapat ilmu tentang sound module kan kita bisa modifikasi suara2 gendangnya, syokur bisa mengatasi jika ada trouble/error he he he ……

  20. Hery mengatakan:

    Owh Demak toh, Demaknya mana ? Sy punya banyak kenalan di Demak. Mas Andreas pake keyboard apa ?

  21. andreas mengatakan:

    saya di Wiku II demak, Keyboard pakai Roland E 86, keyboard type lama tapi kebanyakan player di Jateng pakai E 86. mas Hery domisili di mana, bisa beri ilmu tentang pembuatan sound modul nggak ?

  22. Hery mengatakan:

    Purwodadi, waah. . . saya gk ngerti soal modul mas ikut nyimak aja pengen belajar musik digital. Sepertinya seru jg bahas ttg modul.

  23. Marcellhono mengatakan:

    Sama seperti bang andreas, aku jg pake e-86 lg mau belajar musik digital gini bang hery aku dah ada software reaper kabelnya pake port sb live kmdian masih bingung cara settingnya di reapper
    Untuk assio dah tk install tp di desktop kok ndak jalan apanya yg eror
    Aku juga pake pake modul dari Btg tp cm bs untuk main ot aja gk bs kreasi sendri untuk itu saya ingin belajar musik lebih dalam abis cm player tok pekerjaanya buat mencukupi kebutuhan

    • ferrysiregar mengatakan:

      coba cek di setting devicenya bang, untuk driver yang di gunakan pilih asio, trus midi in dan outnya pilih e86nya, tp mas harus install dulu driver si keyboardnya
      kalau menurut saya, lebih baik mencoba dari pada membeli, walaupun prosessnya lama, tapi ilmu yg di dapat banyak :d

  24. Marcellhono mengatakan:

    di pcku dah ada audio hq bang, gmn cara konfigurasinya

    • ferrysiregar mengatakan:

      dari preferencenya, pilih audio, nah di situ tinggal kamu aktifkan aja driver yang ada,
      misalnya : kamu menggunakan asio4all, tinggal pilih aja asio4all.
      trus tutup reaper dan buka lagi, pada panel asio4allnya, letaknya di taskbar klik asionya dan setting buffer dan latencynya…:D

  25. aax aisiteru mengatakan:

    ms fery:gmn crny memasukan battery ke raeper?mhn bantuany…..

  26. kidnath mengatakan:

    saya maw nanya… saat mixing gmana caranya supaya disaat chorus Loudness lebih mendominasi dari pada RMS… masalahnya klo RMS lbh mendominasi biasanya buyar… intinya c saya ingin taw caranya nambah loudness tampa menambah RMS… ini yang aku belum nemu-nemu jawabannya… oy saya juga pengguna Reaper jg loh :D

    • ferrysiregar mengatakan:

      wah mantap ketemu sama pengguna reaper… kalau saya aslinya lebih ke steinberg…
      untuk permasalahan ini.. ada yang saya tanyakan ???

      1. mixing untuk midi project atau audio project
      2. plugin fx yang di gunakan

      kenapa saya tanya begini, akrena berhubungan sama render nantinya :)

  27. kidnath mengatakan:

    mixing audio project…
    cman vocal aja yg asli… instrumen kbanyakan dari VSTi: EZ Drum, Sonivox Bass, Real Strat, n Orchestra…
    klo plugin fx nya c itu yg bikin bingung, coz masalahnya pasti di FXnya…
    ane uda utak atik urutany EQ > Compressor > EQ > Limiter d tiap track, emang brhasil buat hasilin loud yg pas, tapi yg bikin sebel tuh kadang ngga jadi, apalagi klo trek stereo/ 2 trek guitar kanan kiri, mesti deh RMS nakal naek tajam… juga bisa bikin correlation nyampe -0 lebih…

    1. Apa salah dari fx tiap track?
    2. Apa salah dari fx di Bus Master?, ngakalinya dmana?

    oya untuk urusan fx ane kumplit gan, slaen dari waves… (serem bener >.<)
    cma blm nemu settingnya aja…

    • ferrysiregar mengatakan:

      untuk permasalahan ini bang.. ini yang biasa saya lakukan… saya selalu membatasi fx yang saya gunakan pada track vsti… alasannya di karenakan pada vsti itu sendiri sudah memiliki fx. jika kita juga menambah fx maka akan terjadi ketidak seimbangan…

      sebagai logika untuk 2 track guitar :
      abang ingin keliatan ok ditangn, maka abang menambahkan jam di tangan kiri… sementara di tangan kiri tersebut sudah ada gelang.. maka secara otomatis lebih berat tangan kiri.. dan untuk menyeimbangkannya abang berikan juga hal yg sama di tangan kanan, maka hasil yang kita harapkan seimbang, tapi tidak.. karena berbeda berat dan merk, walupun sama2 jam dan gelang…

      langsung aja, untuk solusi terbaik. pada track yang ingin di double agar tidak terjadi RMS naik pada saat pemberian effect… batasi pemberian fx pada track yang ingin di tonjolkan.. apabila itu bersifat midi track menggunakan vsti, hapus FX yang ada di VSTI itu, dan render menjadi wave, kemudian masukkan kembali menjadi track audio.. dan disitulah di berikan FX bang..

      hal ini yang saya biasa lakuin.. dan syukur2 hasilnya lumayan lah.. dengan spek alat saya yg sangat sederhana :)

  28. kidnath mengatakan:

    NB: ane fans Reaper sjati gan kan Reaper D Next DAW…wkwkwk, uda nyoba hampir smw DAW (slain Pro Tools) n akhirnya pilih Reaper, di Reaper kita bisa ngapain aja itu yg ane suka, n yg jelas makan memory dikit, pas d render jg akurat sa,a pas kaya di play… ga menipu ga kya DAW laenya :D
    cuma drawing MIDI aja ane masi pake SONAR coz pertemuan pertama ama sonar langsung sreg ama piano rollnya :D

    • ferrysiregar mengatakan:

      mantap bang… untuk sekedar meluruskan aja.. emang benar reaper bagus, dan akan menjadi next DAW… dan hasilnya lumayan baik dengan fitu yang ada dan daya kerjanya yg cuma memakan memorie yg kecil…
      tp ada 1 hal yang harus di waspadai untuk kedepannya bagi developernya terutama COCKOS Company.. untuk memperbaiki bug / kekurangan pada softwarenya.. terutama untuk layering midi track FX…

      pada sonar kekurangannya tidak sesuainya. data mentah dengan hasil render… dan hal ini sudah di perbaiki di sonar 8 dan untuk piano roll sama baiknya dengan nuendo..

      sedangkan pada nuendo sendiri. kekurangannya adalah selalui menyisakan temporari data yang besar, sehingga membuat kinerja kompi berat, makanya harus membutuhkan spek yang tinggi…. dan hal ini sudah di perbaiki di nuendo V4 ke atas…

      saya juga berharap Cockos dapat memperbaiki hal itu.. jadi pengguna reaper semakin bisa dimanjakan dan menambahkan fitur video edit, senadaninya bisa (ngarep mode).. hehehheh :))

  29. bambang mengatakan:

    HEBET2 BANG….saya suka dgan ulasan abang cocok buat menimba ilmu

  30. jaka kepingin belajar mengatakan:

    mas cara seting di korg pa50 gimana biar bisa konek ke PC,aku pakek SW raeper…tolong di bantu ya…..

  31. tom mengatakan:

    Belajar musik emng mngasyikan yaa,, pa lg low bisa bawain lagu sndiri walau msih bnyk kekurangan tp kyk merasa puas :).thx bwt bang ferry..berkat tutorialnya aq bisa dikit2 bljr fruity loop n ni hasilnya http://www.4shared.com/audio/7auZJ_wS/Digital_Sound_-_Kau_Tlah_Pergi.html.
    klo sobat berkenan bsa mampir di blog q http://baatcavemania.blogspot.com. thx

  32. Teddy mengatakan:

    Mau tanya, cara membagi channel di reaper gmn ya, biar output dari mixer ga nyatu dalam satu file wav…? terimakasih.. :)

  33. qq mengatakan:

    bang..bantuin qq dong..
    udah punya banyak bgt lagu ciptaan sendiri…tapi blum ada music nya, cuma rekaman suara n nada qq..secara gbisa maen alat musik..udah coba download FL studio 10…udah nyoba2 sambil ngikutin tutorial nya..tetep aja gmudeng ma tuh software kalo kudu dipake buat ngisi music lagu qq…wew..ada saran g,bang???

  34. andre_reog city mengatakan:

    Bang ferry q minta tutorial nya buat battery, q gak ngerti tentang kolom2 yang ada di battery, keyboard q, psr s 710. tolong di bantuin ya mas, trimakasih bang

  35. Sony mengatakan:

    Ane mo nanya ni bang Fer..
    1. kenapa Reaper ane ko` g ada suaranya, ane pake reaper v377 Asio4all driver sama Batery 3. apa setting audionya salah ya Bang… mhn dicerahkan deh..
    2. klau pake FL Studio ada suaranya, tapi Soundfont asli dari FL-nya ikut terus Bang g bisa ilang, gimana cara ngatasinya…
    Tnx ya Bang…

  36. Hadi mengatakan:

    Minta pendapat nih Mas Fer. Keyboard yg bagus outputnya buat OT show di lapangan selain KN7000 apa ya Mas?… Klu KORG PA 3x gimana mas bgs gak outputnya di sound?…. Thank’s.

  37. Tonny tunggal mengatakan:

    poin 3 & 4 maksudnya opsional itu apa ya?

  38. @way mengatakan:

    kalo cara load battery ke virtual instrument reaper gmn caranya bang ? mohon petunjuknya ?

  39. fredy gonzaless mengatakan:

    seep makasih bang ferry,thank you mas bro,trima kasih banyak…

  40. fredy gonzaless mengatakan:

    mf ne mau tanya y bang,sound card yg kecil /besar apa bedanya y?kan yg kecil murah dan yg besar relatif lah tapi apa ada pengaruhnya nanti?monggo di jelaskan,mf ne kan ilmu saja masih cetek tentang ini,atau bisa di bilang pemula bang ferry….

    • ferrysiregar mengatakan:

      sebenarnya ukuran tidak menjadi masalah, yang menjadi masalah itu kemampuan kerja si soundcard.. soundcard yang besar otomatis mempunya komponen yang lebih banyak..
      dan sudah bisa di pastikan juga tertanam chip audio yang bagus…
      sedangkan untuk soundcard yang kecil.. biasanya hanya terdeteksi sebagai pengganti soundcard onboard jadi seperti audio codec biasa yang support wdm dan bukan sebagai professional recording soundcard.. banyak sekali faktor soundcard yang bagus itu. selain dari ukran, komponen elektronika yang didalam juga mempengaruhi…

      click too
      http://www.ferrysiregar.com

  41. fredy gonzaless mengatakan:

    oh y makasih bang,y udh tau,makasih y sukses slalu…

  42. sulistya Pambudi mengatakan:

    Bos,…kalau buat midi atau edit midi keyboard yg ada dengan reaper bisa nggak ya??

  43. nanang mengatakan:

    wah..baru tau aku,kalau ini ciamik tank berat ya mas

  44. nanang mengatakan:

    semoga aja artikel ini ada manfaatnya bagi aku dan semua soundrenalin indonesia

  45. arief studio mengatakan:

    bang caya cuman mau nanyak ja,,,,,, gmna caranya kita merubah voice keyboard menggunakan reaper

  46. genoth korg mengatakan:

    numpang tanya mas…klo kibod korg pa50 itu caranya gimana yah..ak pake midi usb tapi gak mau konek padahal setingan di reaper dah bener?apa harus ada driver korg pa50 mz??trims

  47. alief mengatakan:

    bang fery…gimana caranya agar fruity loops 10 saya bisa ngesave file yang udah saya buat padahal saya udah browsing tapi gada yang beres linknya… makasi sebelumnya

  48. Darmansyah Maulana mengatakan:

    salam to smuax,lngsung z y,apkah bsa reaper menggunakan sampling bass sprt d tutorial reason,smua instrumen bass suling melody asli.klo bsa mohon ptunjukx,ge bingung otak atik reaper.klo tabla udh ok.tp style bass suling melody msh bawaan kibot.

  49. Darmansyah Maulana mengatakan:

    mohon bntuan,khusus buat bang ferry siregar,smg jasax mndapat pahala,amin.sy pkai korg pa 50.pengen main kibot pkai sampling,khusus bass suling gitar melody,apkah reaper and battery bsa mlakukan sprt yg sy tonton d youtube tutorial reason solfegio,mklum software reason sy gak punya.klo ada yg bsa bntu info langsung hubngi sy y.085390738835.sy d kalimantan tengah.

  50. jaka mengatakan:

    bang kan saya udah coba pake fruty loop,dan vsti saya pake ezzdrummer..dan work tpi yang jadi masalah pada saat saya kecilkan suara style dikeyboard kok ikut kecil di soundcard monitornya…dan lagi suara musik di keyboard kok ga muncul di monitor….apa ada aplikasi lain buat munculin di sound..supaya balencing ga sendiri2 ..mohon pencerahannya ,maklum anak baru gan..saya punya yamaha psr tpi gendangnya jelek jdi pengen belajar sound sampling..mohon pencerahannya bang ..ni nope saya…087897588505 ..sekali lagi tolong ya. bang msalhnya suara gendang nya jelek amat … :)

  51. Agus mengatakan:

    Bang Ferry Tampilan reaper saya kok beda y?Padahal saya sudah mencoba berbagai versi,,mohon pencerahannya
    Trims!

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s